Bibit Ikan Nila Unggul Murah Untuk Sukses Budidaya

Salah satu faktor sukses usaha budidaya ikan adalah pemilihan bibit ikan nila unggul dan berkualitas. Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan benih unggul semacam ini, apalagi dengan harga yang kompetitif dan lebih murah. Namun jika anda serius ingin meraih untung besar dengan bisnis budidaya ikan nila, Pondok Ikan Farm siap menjadi mitra bisnis anda.

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sangat popular. Selain rasanya yang enak dan bergizi, pemeliharaan ikan jenis ini juga relatif mudah. Yang lebih menarik lagi, ikan Nila memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan mudah beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang ada, kebal terhadap penyakit virus, bersifat omnivora, dan pertumbuhannya cepat sehingga waktu panen juga terbilang singkat. Hal inilah yang membuat potensi bisnis budidaya ikan Nila sangat menjanjikan sehingga banyak orang tergiur untuk menangkap peluang bisnis yang sangat prospektif ini.

bibit ikan nila

Budidaya ikan Nila bisa dilakukan di berbagai media, seperti kolam terpal,kolam beton, kolam tanah, ataupun media buatan seperti drum atau tong. Pondok Ikan Farm siap menyuplai kebutuhan benih ikan Nila untuk usaha budidaya anda yang terdiri dari beberapa jenis, seperti benih Nila GMT, Gesit, Gift, dan Nila Larasati. Jika anda ingin usaha yang cepat panen dengan perkembangan bobot yang merata, Kami juga menyediakan bibit ikan Nila Monosex atau Nila Jantan dengan harga murah dan kualitas terbaik.

benih ikan nila

Kapasitas Bibit Ikan Nila dari Pondok Ikan Farm

UKURANKAPASITAS (BOX)
Larva50.000 ekor
1 – 2 cm15.000 ekor
2 - 3 cm8.000 ekor
3-5 cm5.000 ekor
4-6 cm4.000 ekor
5-7 cm3.000 ekor

 

Cara Cepat Panen pada Usaha Budidaya Ikan Nila

Budidaya ikan nila umumnya dilakukan untuk waktu dari 3-5 bulan dari sejak pembenihan. Panen sudah dapat dilakukan saat seorang ikan nila telah memiliki berat 300 gram. Namun dalam prakteknya, waktu panen ikan Nila bisa diraih lebih cepat dari waktu normal.

Berikut ini beberapa langkah jitu cara cepat panen budidaya ikan nila yang sebaiknya anda tahu.

Cara Memilih Bibit Ikan Nila Unggul dan Murah

Cara memilih bibit ikan nila unggul dan murah harganya bukanlah perkara mudah. Apalagi jika anda mencarinya di internet, ada banyak penjual yang sering mengatakan bahwa benih yang dijualnya berkualitas. Karena itulah anda harus jeli dan teliti saat membelinya. Salah satu kunci untuk mengetahuinya adalah dengan melihat indukannya. Baik dari segi ukuran besarnya, umur, hingga strain ke berapa. Selain itu pilihlah benih nila yang baik warnanya cerah dan gerakannya cukup lincah.

Produk Pondok Ikan Farm Lainnya
Bibit Ikan Lele Murah
Indukan Ikan Lele
Bibit Ikan Gabus
Bibit Ikan Gurame
Bibit Ikan Bawal
Bibit Ikan Koi Murah
Bibit Ikan Hias Unggul

Sebagai konsumen tentunya anda berhak bertanya ke penjualnya dan penjual yang baik akan menjelaskan apa yang ingin diketahui pembeli tanpa ditutupi. Namun kalau anda ingin cepat panen, sebaiknya pilih benih nila yang besar yang tentunya dihasilkan dari indukan besar dan berkualitas. Anda juga bisa memilih jenis ikan nila monosex (jantan) sesuai permintaan pasar. Apalagi pertumbuhan ikan jantan lebih cepat sekitar 40 % dibandingkan benih yang betina.

budidaya ikan nila

Memilih Jenis Ikan Nila

Selain memilih benih unggul, anda juga perlu memiih jenis nila yang akan dibudidayakan. Jenis ikan nila merah memiliki banyak kelebihan, seperti tidak memiliki duri halus dan rasanya yang lebih gurih. Dibandingkan nila hitam, jenis ikan nila merah juga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Persiapan Kolam Budidaya

Sebelum benih ditebar, kolam budidaya harus disiapkan secara terencana 10 hari sebelumnya, baik jika anda menggunakan kolam terpal, beton, ataupun kolam tanah.

bibit ikan nila murah

Jika menggunakan kolam terpal, terpal dicuci dengan cara menggosoknya dengan daun pepaya dan rendam selama 2-3 hari. Setelah itu isi air pada kolam terpal hingga 45-50 cm dan masukkan beberapa lembar daun pepaya lalu diamkan selama seminggu.

Jika anda menggunakan kolam beton, keringkan terlebih dahulu kolam selama seminggu. Setelah itu taburkan dasar kolam dengan pupuk kompos setebal 25 cm. Di atas pupuk itu taburkan lagi kapur dolomit secara merata dan diamkan 3 hari agar pupuk dan kapur tercampur secara alami yang berguna untuk menumbuhkan plankton dan pakan alami untuk ikan. Selanjutnya isi kolam beton dengan air setinggi 60 cm dan diamkan 1 minggu sebelum benih ditebar.

jual bibit nila murah

Bila anda memilih menggunakan kolam tanah, sebaiknya keringkan kolam terlebih dahulu sambil tebarkan garam grasak untuk membunuh hama predator dan mikroorganisme pantogen. Diamkan selama seminggu hingga tanah terlihat retak tapi lembab. Cermati kolam dan bila ada bercak lumpur hitam yang sangat berbau harus dibuang dan pastikan kolam benar-benar bersih dan kering. Untuk menetralkan keasam tanah sebaiknya taburkan kapur tohor atau dolomit 25 gram/meter dan diamkan selama 2-3 hari.

Sedangkan untuk menyuburkan tanah dan menumbuhkan plankton dan pakan alami taburkan pupuk organik kompos yang sudah matang dan didiamkan sekitar 1-2 minggu. Setelah siap kolam diisi air secara bertahap dan biarkan seminggu sebelum benih ditebar agar pakan alami mulai tumbuh.

usaha budidaya nila

Sebelum benih ditebar ukurlah dan jaga PH air netral 6,5 – 8,6 agar pertumbuhan ikan sehat dan optimal. Jaga juga kondisi perairan kolam agar selalu tenang dan monitor kandungan oksigen air. Jika air mulai terlihat keruh sebaiknya lakukan pergantian air sedikit demi sedikit. Sebaiknya tambahkan filter air untuk pengairan kolam.

Pupuk organik dan TSP bisa diberikan setidaknya sebulan sekali dengan cara membungkus dan melubangi plastik bungkusnya dan dibenamkan ke kolam. Hal ini akan bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan fitoplankon dan makanan alami agar selalu tersedia sampai saat panen tiba.

benih ikan nila murah

Cara Pemberian Pakan Ikan Nila

Untuk pemberian pakan berupa palet bisa dilakukan 2x sehari dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah ikan dan berat atau bobot ikan. Patokannya, 3-5 % pakan dari total berat badan ikan yang dipelihara. Yang penting, perhatikan saat pemberian pakan agar pakan tidak banyak mengendap di dasar kolam.

Jika pakan tidak segera habis dimakan ikan mengisyaratkan adanya masalah tidak seimbangnya kondisi ikan. Lakukan pengecekan segera terhadap kepadatan ikan, suhu, ataupun kemungkinan adanya serangan infeksi sehingga dilakukan penanganan yang tepat.

Demikianlah beberapa langkah dan persiapan yang sebaiknya anda lakukan jika ingin sukses dalam usaha budidaya ikan nila. Segera hubungi Pondok Ikan Farm untuk mendapatkan bibit ikan nila unggul dengan harga murah melalui kontak berikut.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *